Kementerian PUPR Salurkan Bantuan PSU untuk Perumahan SP Land Marina di Batam

INFRASTRUKTUR.CO.ID, JAKARTA: Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus berkomitmen dalam menyalurkan bantuan pembangunan perumahan guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Salah satu bentuk bantuan yang diberikan adalah penyaluran prasarana, sarana, dan utilitas (PSU).

Berdasarkan data dari Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (BP2P) Sumatera III, perumahan SP Land Marina yang berlokasi di Sekupang 21, Kota Batam, Kepulauan Riau, menerima bantuan PSU. Pastinya, bantuan PSU tersebut berupa pembangunan jalan lingkungan sepanjang 615 meter yang dilaksanakan oleh CV Besi Puncak Jaya sebagai kontraktor pelaksana. Proyek pembangunan dimulai pada tanggal 18 April 2023 dan diperkirakan selesai dalam waktu 90 hari.

“Dalam tahun 2023, Kementerian PUPR telah melaksanakan bantuan PSU untuk 205 unit di perumahan subsidi SP Land Marina di Kota Batam. Melalui pembangunan PSU ini, kami berharap dapat mendorong semangat pengembang perumahan untuk membangun rumah subsidi yang layak dan terjangkau bagi masyarakat,” ungkap Direktur Jenderal Perumahan Iwan Suprijanto.

BANTUAN PSU

Kenyamanan Penghuni

PSU merupakan bantuan pembangunan yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas perumahan bagi masyarakat berpenghasilan rendah. Diharapkan bahwa bantuan pembangunan PSU berupa jalan beton ini akan memberikan kenyamanan bagi masyarakat dalam menempati rumah mereka.

Salah satu penghuni rumah subsidi di SP Land Marina, Fathir Usman (36 tahun), menyatakan kepuasannya tinggal di rumah tersebut bersama keluarganya. Pastinya ia merasa terbantu dengan adanya bantuan PSU berupa jalan utama dari Kementerian PUPR.

“Fathir mengungkapkan kegembiraannya atas bantuan PSU yang diberikan oleh Kementerian PUPR untuk perumahan subsidi di SP Land Marina. Kualitas jalan yang baik dan kokoh memastikan bahwa jalan di depan rumah kami tidak berlumpur saat hujan dan memberikan kenyamanan bagi anak-anak kami untuk bermain,” kata Fathir.

Selain itu, Fathir juga mengucapkan terima kasih kepada pemerintah atas perhatian yang diberikan kepada Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR). Dengan adanya bantuan subsidi ini, mereka dapat memiliki rumah sendiri yang terjangkau. Selain harga yang terjangkau, angsuran rumah subsidi ini juga tetap selama masa tenor KPR. Kualitas rumahnya juga layak dan nyaman untuk ditempati.

“Kami juga ingin mengucapkan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo dan Kementerian PUPR atas bantuan PSU untuk rumah subsidi ini. Kami berharap program bantuan PSU ini dapat terus berlanjut karena sangat bermanfaat dan membantu MBR yang ingin tinggal di rumah subsidi yang nyaman dan sehat bagi keluarga,” harap Fathir.

Apresiasi Bantuan PSU

Sementara itu, pengembang perumahan subsidi SP Land Marina, Robert, mengungkapkan pihaknya sangat terbantu dengan adanya bantuan PSU dari Kementerian PUPR. Bantuan tersebut dinilai mampu meningkatkan minat masyarakat untuk memiliki rumah subsidi dengan harga terjangkau. Hingga saat ini, pengembang telah membangun 600 unit rumah subsidi di SP Land, dan sebanyak 100 unit telah ditempati.

“Dengan harga jual yang terjangkau sebesar Rp 156,5 juta, rumah subsidi ini dapat dikategorikan sebagai rumah subsidi dengan fasilitas komersial. Terdapat fasilitas jogging track, taman, dan taman bermain untuk anak-anak,” jelas Robert.

Sumber: pu.go.id

You may also like

Comments are closed.

More in Headline