Cara Firmansyah Menggerakkan Literasi Lewat Perpustakaan Universitas

INFRASTRUKTUR.CO.ID, JAKARTA: Selalu ada inovasi dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Pusip) DKI Jakarta. Maklum, Firmansyah, sang Kepala Dinas, sering menggelar diskusi baik formal maupun informal sehingga banyak melahirkan ide baru.

Kali ini Firmansyah mengunjungi perpustakaan kampus di Universitas Dian Nusantara, Jalan Tanjung Duren Barat, Grogol Petamburan, Jakarta Barat.

Tokoh Betawi itu berharap, gerakan literasi secara komprehensif di kampus-kampus bisa semakin masif. Untuk itu, Dinas Pusip DKI Jakarta siap dan berkomitmen untuk membantu meningkatkan kualitas perpustakaan di perguruan-perguruan tinggi.

Kunjungan ini ia lakukan untuk pengembangan perpustakaan yang ada di perguruan tinggi. “Jalinan komunikasi dari kunjungan ini insya Allah menjadi gerakan literasi yang komprehensif di masa mendatang,” ujarnya, Rabu (13 September 2023).

FOKUS PENTING

Firmansyah (kiri) di Perpustakaan Kampus Dian Nusantara

Bang Firman, begitu panggilan akrabnya, menjelaskan kunjungan ke fasilitas perpustakaan di Universitas Dian Nusantara inu menjadi salah satu fokus penting karena menjadi sumber baca yang ada di kampus.

Bang Firman melihat tidak sekadar pada aktivitas semata, tapi seharusnya perpustakaan di kampus menjadi sumber informasi yang termanfaatkan oleh komunitas kampus. “Tentu saja yang paling penting adalah dosen dan mahasiswa,” terangnya.

Menurutnya, aktivasi perpustakaan kampus perlu terus dilakukan dan disosialisasikan mengingat pentingnya literasi bagi semua, tidak terkecuali akademisi.

“Fasilitas perpustakaan di kampus dapat dijadikan ajang literasi dan kreativitas mahasiswa. Sebab, bicara soal lirerasi tidak sekadar membaca buku, tapi juga aktualisasi setelah itu,” ungkapnya.

SERING BERDISKUSI

Firmansyah dan Aminullah dalam diskusi informal di kantor Dinas 

Selain gencar mengunjungi perpustakaan di per guruan tinggi Bang Firman juga rajin menggelar diskusi di kantornya baik secara formal maupun informal. Tujuannya untuk menggali informasi dan ide-ide dari tokoh literasi baik penerbit maupun penulis buku.

Firman juga kerap mengikuti acara bedah buku. Misalnya ia datang ke Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia dalam bedah buku Ommelanden: Perkembangan Masyarakat dan Ekonomi di Luar Tembok Kota Batavia Karya Bondan Kanumoyoso.

APRESIASI TINGGI

Wakil Rektor I Universitas Dian Nusantara Margono Sugeng memberikan apresiasi yang tinggi atas kunjungan kerja yang dilakukan Kepala Dinas Pusip DKI Jakarta.

Margono berharap, dengan dukungan dan kerja sama dengan Dinas Pusip DKI Jakarta dapat lebih meningkatkan peran perpustakaan di Universitas Dian Nusantara untuk menambah pengetahuan serta wawasan komunitas kampus maupun warga sekitar.

Kampus Dian Nusnatara  membuka diri bagi warga di sekitar kampus yang ingin mencari literasi di perpustakaan. “Untuk itu kami berharap kerja sama dengan Dinas Pusip DKI Jakarta yang telah terjalin bisa lebih meningkat,” bebernya.

Sementara itu, Kepala Perpustakaan Universitas Dian Nusantara Rengga Sendrian menambahkan, perpustakaan telah berhasil meraih peringkat akreditasi A dari Dinas Pusip DKI Jakarta untuk fasilitas perpustakaan di tiga cabang kampus pada tahun 2022. Hingga saat ini, total sebanyak 10 ribu judul buku tersedia di tiga kampus Universitas Dian Nusantara.

Salah satu keunikan tersendiri di Perpustakaan Universitas Dian Nusantara yakni berkomitmen memenuhi kebutuhan pemustaka dari kalangan milenial. “Kami fasilitasi dengan new media melalui Instagram, TikTok dan Youtube,” tandasnya.

You may also like

Comments are closed.

More in Properti