Contoh Nih! Anak Usaha BUMN yang Go Global

INDOWORK.ID, JAKARTA: PT Telekomunikasi Indonesia International atau Telin, terus membawa bisnis Telkom Grup mendunia. Setelah delapan tahun beroperasi, Telin mendapatkan banyak kesempatan berkolaborasi hingga merentangkan sayap bisnis ke Benua Eropa dan Amerika.

Dahulu, Telin hanya memiliki jalur kabel bawah laut Batam-Singapura kini sudah membangun fiber optik menuju Eropa berkat kerja sama dengan konsorsium global,

Selain fiber optik, bisnis pusat data juga berkembang. Telin berkecimpung dalam bisnis pusat data sejak 10 tahun lalu dan memiliki tiga cabang di luar negeri. Kini, okupansi pusat data disebut sudah hampir 100 persen

Bahkan, 85 persen bisnis Telin berasal dari global. Telin pun sudah memiliki perwakilan di 14 negara. Kantor terbaru Telin ada di Vietnam. Layanan Telin sudah menjangkau 58 lokasi di 26 negara.

Sejauh ini, Telin memiliki 26 kabel laut internasional sepanjang 250.000 kilometer atau 5 kali keliling bumi. Kabel laut itu mengelilingi Asia, Asia-Amerika hingga Asia-Eropa. Telin juga merencanakan tujuh sistem kabel laut lagi pada 2026. Ini akan memperkuat Indonesia menjadi hub kabel laut dunia.

Telin kerapkali menyelenggarakan kerjasama dengan menjadi privat partner pemain digital untuk mengembangkan ekspansi bisnis. Selain itu, pada 2023, Telkom Group juga akan melakukan sejumlah kesepakatan dengan beberapa perusahaan.

What is your reaction?

0
Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly

You may also like

Comments are closed.

More in Bisnis