Muhaimin, Gibran, Mahfud (ilustrasi Detik.com)

Muhaimin dan Mahfud Kena Cipratan ‘Asam Sulfat’

INDOWORK.ID, JAKARTA: Jutaan pemuja Jokowi pastinya lega luar biasa menyaksikan penampilan Gibran di debat Cawapres hari Jumat kemarin. Si belimbing sayur mas Samsul anak haram konstitusi itu tampil mencengangkan.Banyak orang yang menyangka Gibran bakal dirujak habis oleh pak Muhaimin Iskandar dan Pak Mahfud MD. Dia gagap, takut bahkan kencing di celana karena gak bisa ngomong. Namun nyatanya cawapres nomor 1 dan 3 justru tampil bak makan belimbing sayur. Bahkan dalam beberapa kali, nyaris njerit kena cipratan asam sulfat pertanyaan mas Samsul Gibran soal SGIE dan Carbon Capture Storage. Terlepas dari gayanya yang sengak dan kurang ajar sama yang tua, Gibran tampil prima melebihi ekspektasi banyak orang.

JURUS JOKOWI

Ini jelas hasil kerja keras para tim nomor 2 dalam mendadar Gibran tampil bagus di debat Cawapres.Kita menduga tim Pak Jokowi ada dibalik ” Medan pem-bedak-an” Gibran. Pertanyaan dengan istilah sulit adalah buktinya. Dulu, ketika debat beberapa kali pak Jokowi pakai jurus itu yang membuat pak Prabowo gelagapan. Bukti kerja keras tim no 2 adalah diperbolehkannya kandidat bawa contekan. Namun nyatanya, Gibran justru minim pakai contekan. Bahkan pada statement akhir, hanya Gibran yang tidak baca teks.Apa gak memalukan itu? *** Tampilnya Gibran dengan percaya diri waktu debat juga karena dia boleh pegang microphone. Jadi dia bisa genggam kuat ketika stress mendapatkan serangan hingga otaknya bisa lancar mengkomunikasikan gagasan dia untuk keluar dari mulutnya secara runtun. 

KEHILANGAN PEGANGAN

Tanpa microphone yang digenggam sepanjang debat, Gibran bakalan gelagapan karena kehilangan pegangan. InI tentu berkat kerja sama tim komunikasi nomor 2 yang hebat dalam membimbing Gibran.Bisa dipastikan, anggota tim belakang layar itu kini bisa tidur nyenyak. Bisa merokok dengan nikmat dan menyereput kopi dengan rasa yang sangat enak. Karena lega. Rintangan besar itu kini sudah bisa didobrak. Overall, gaya Gibran tetap tidak berubah. Angkuh dan tanpa segan melecehkan kandidat yang lebih tua. Gesture plastik sopan santun nampak sekedar gimmick untuk menutupi rasa puas hati dia yang merasa mampu ” menghabisi” kandidat tua di hadapan publik terutama yang melecehkan dia selama ini.TAMPIL BERINGASGemilangnya Gibran juga tidak terlepas dari cara Cak Imin dan Pak Mahfud sepanjang debat berusaha tampil ringan agar Gibran tidak terdesak. Memang ada pertanyaan nakal dari cak Imin soal proyek di Solo. Dan itu dijawab Gibran tanpa diplomasi dengan nada menyerang.Cawapres no 1 dan no 3 nampak kehilangan arah karena tidak menduga Gibran tampil begitu beringas. Melempar super kecutnya belimbing sayur dan cipratan asam sulfat. Hingga keduanya belingsatan.Terlepas bicaranya Gibran itu banyak kosongnya, namun jelas putra mahkota pak Jokowi itu sekarang berhasil melewati ujian yang paling krusial menjadi seorang wapres.Yakni ngomong yang jelas dan runtun. Ini syarat dasar bagi seorang politisi. Yang karbitan sekalipun kayak Gibran.Karena pendukung Mase pasti berkataGila lu ya mas Samsul..Gak nyangka lu gak grotal gratulTampil mantul..*** Tentu sentimen ini bakal menjadi tambahan tenaga mesin politik nomor 2 yang skalanya sudah gigantik dan ada disana- sini di seluruh penjuru negeri. Untuk bisa memenangkan calon nomor dua menjadi penguasa republik ini lewat satu putaran saja..Yang membuat kubu no 1 dan no 3 bisa jadi memaki meski dalam hati :Ndlogok tenan Iki… *) Ditulis oleh wartawan senior Budi Setiawan

You may also like

Comments are closed.

More in Properti