Kiat Sektor Infrastruktur Hadapi Era Industri 4.0

INFRASTRUKTUR.CO.ID, JAKARTA: Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mendorong kalangan akademisi di perguruan tinggi mengembangkan teknologi dan inovasi untuk mendukung pembangunan infrastruktur di Indonesia.

Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR Iwan Suprijanto mengatakan, seperti dilansir dalam Liputan6.com, adanya teknologi di sektor konstruksi tentunya akan meningkatkan transformasi digital. Sehingga Indonesia mampu bersaing dengan negara-negara lain di era Revolusi Industri 4.0 ini.

Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR Iwan Suprijanto

“Kami juga mengajak seluruh civitas akademika khususnya jajaran dosen dan para mahasiswa Teknik Sipil untuk mengeksplor inovasi atau terobosan dalam untuk mendukung pembangunan infrastruktur di Indonesia,”ujar dia dalam keterangan tertulis.

Iwan menerangkan, inovasi atau terobosan yang dilakukan bisa berupa pengembangan teknologi bahan, material, maupun metode konstruksi untuk mendukung percepatan pembangunan infrastruktur nasional. Dengan demikian, inovasi yang dihasilkan juga dapat menumbuhkan jiwa kewirausahaan di kalangan mahasiswa.

Pada era Revolusi Industri 4.0 dan pandemi Covid-19 yang tengah terjadi, imbuhnya, mau tidak mau telah mengharuskan transformasi digital di sektor konstruksi terus didorong.

“Transformasi struktural ekonomi diarahkan pada supply side yang sejalan dengan demand side. Jika supply side dan demand side seimbang maka kemajuan ekonomi akan terwujud,” terangnya.

Apalagi jika ditinjau dari empat aspek supply side, pembangunan infrastruktur masih menjadi sektor penting dalam strategi dan kebijakan transformasi ekonomi ke depan.

Artinya, dalam pembangunan infrastruktur juga harus turut mengadopsi dan sejalan dengan perkembangan revolusi industri 4.0, dalam hal ini erat kaitannya dengan transformasi digital sektor konstruksi, yang beberapa waktu lalu masih dirasakan rendah implementasinya pada pembangunan infrastruktur Tanah Air.

“Kami tidak akan menutup mata terhadap inovasi teknologi, terutama di sektor konstruksi. Salah satu yang sedang berkembang saat ini adalah teknologi 3D Printing dalam sektor konstruksi,” sebut Iwan.

You may also like

Comments are closed.

More in Properti