Saham BUMI Mau Naik ke Langit?

INFRASTRUKTUR.CO.ID, JAKARTA: Batubara tetap masih berkah. Makro dan mikro. Di tingkat makro, ekspor batubara September tercatat USD4,2 miliar. Walau turun sekitar 4,54% dibanding bulan sebelumnya, tapi YoY masih mencatat kenaikan 28,3%.

Saham BUMI mau naik ke langit?

Hati-hati membaca laba per saham (EPS). Private placement menaikkan jumlah saham beredar menjadi lebih dari dua kali lipat!

BUMI MENGAGUMKAN

Di tingkat mikro, saya ingin berceloteh tentang BUMI. Sembilan bulan pertama 2022, BUMI mencatat peningkatan kinerja keuangan yang mengagumkan. Pendapatan naik 109% dari USD 666, 18 juta, selama 9 bulan tahun lalu, menjadi USAD 1,39 miliar.

Laba tahun berjalan meningkat fantastis, dari USD 63,70 juta menjadi USD 365,5 juta. Naik 474%!

Per 30 September 2022, utang masih tercatat sangat tinggi. Rp 52, 5 Triliun. DER masih 259%. Dan ekuitas masih negatif. Bahkan setelah pelaksanaan manadatory convertible bonds ronde kelima.

Namun setelah private placement Oktober lalu yang memobilisasi dana Rp 24 triliun, yang konon untuk membayar utang jatuh tempo, perkiraan saya saat ini DER sudah turun signifikan dan ekuitas telah berubah warna.

Private placement yang juga melahirkan kolaborasi anyar. Semoga memperbaiki kualitas tata kelola.

*) Ditulis oleh Hasan Zein Mahmud, Redaktur Khusus Infrastruktur.co.id

You may also like

Comments are closed.

More in Bisnis