Kaos Wakanda No More, Indonesia Forever Makin Ngetren…

INDOWORK.ID, JAKARTA: Istilah Wakanda no more, Indonesia forever yang diucapkan Anies Baswedan bermakna bahwa di masa depan, tidak lagi ada ruang untuk mengacu kepada “Wakanda” (dalam konteks negatif), melainkan hanya “Indonesia.”

Capres nomor urut 1 itu mengenakan kaos bertuliskan “WAKANDA NO MORE INDONESIA FOREVER” dalam lawatannya ke Riau. Semboyan yang disampaikannya dalam pernyataan pamungkas saat debat capres di KPU RI, Selasa (12/12) lalu itu akan menjadi simbol baru komitmennya untuk kebebasan berbicara di Indonesia.”Saya selalu sampaikan kita memberikan ruang kepada kebebasan berbicara, itu komitmen sejak zaman di Jakarta,” ujarnya kepada wartawan seusai menggelar Desak Anies bersama para pedagang di pasar Riau, Rabu (13/12/2023). Ia mengatakan bahwa siapa saja boleh berkata apa saja dan tidak ada pelaporan kepada penegak hukum dan tidak usah merasa takut. “Dan, itu juga jadi komitmen kita untuk Indonesia ke depan,” sambung Anies. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menegaskan bahwa bila dirinya menjadi presiden, anak muda tak perlu lagi takut untuk mengkritik. Tidak perlu menyamarkan nama Indonesia saat ingin menyampaikan kritik. “Jadi, untuk anak-anak muda, komitmen kebebasan itu ada. Jadi, tidak perlu lagi kalau mau menyebutkan kritik menggunakan kata Wakanda. Karena itulah kami katakan wakanda no more, Indonesia forever,” tandas Anies. 

Anies Baswedan juga menyinggung tentang kebebasan berpendapat yang harus terjaga, serta menegaskan bahwa tidak ada tempat bagi ketakutan di masa depan. Frasa “Wakanda no more, Indonesia forever” merupakan simbolisme yang ia gunakan untuk menyampaikan pesannya.

DIKENAKAN TOM LEMBONG

Anggota Timnas Pemenangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Timnas AMIN) untuk Pilpres Thomas Trikasih Lembong atau Tom Lembong tampil dalam wawancara Info A1 Kumparan mengenakan kaos bertuliskan Wakanda no more, Indonesia forever.

Tom  ditunjuk menjadi salah satu co-captain dalam Tim Nasional Pemenangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Timnas AMIN) untuk Pilpres 2024. Thomas Trikasih Lembong, atau lebih dikenal sebagai Tom Lembong adalah wirausahawan dan investor yang berasal dari Indonesia. Ia pernah ditunjuk oleh Presiden Joko Widodo untuk bertugas sebagai Menteri Perdagangan Republik Indonesia dan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal.Ia dan 11 co-captain lainnya akan membantu kerja Ketua Timnas AMIN Marsekal Madya TNI (Purn) Muhammad Syaugi Alaydrus.

You may also like

Comments are closed.

More in Properti