Menanti Debat Cawapres, Gibran ‘Dirujak’ Singa Podium?

INDOWORK.ID, JAKARTA: Sempat dikira sodokan maut. Tapi justru Ganjar Pranowo yang semaput.Dia melontarkan ” isu tabu” soal HAM dan hilangnya 13 aktivis ke Prabowo Subianto.Dia mengira Prabowo gelagapan.Tapi justru tidak.Sang Menhan malah bilang soal pengadilan HAM dan menemukan 13 orang yang hilang adalah tugasnya Pak Mahfud MD.Prabowo juga menuding Ganjar sebagai tendensius karena diminta menunjukkan kuburan mereka agar keluarga bisa berziarah. Tendensius adalah bahasa paling sopan bagi seorang Prabowo yang kerap disebut emosional untuk menjawab tudingan asal bunyi alias tanpa bukti.Walhasil, alih alih ingin merusak citra Prabowo dimata publik dengan tudingan sebagai penculik, Ganjar menemukan fakta bahwa opini kayak gini ternyata sudah basi.Ganjar lupa bahwa sekarang ada Jokowi effect di Prabowo yang bisa menambal kekurangan apapun di pasangan nomor dua.Hingga apa boleh buat, upaya Ganjar menabrak Prabowo akan menemui efek memukul kapas. Yang menyerap kekuatan penyerangan hingga makin kuat sementara yang menyerang kehabisan tenaga.Fatsun selama ini dalam debat capres soal penculikan 13 orang adalah tidak menuduh Prabowo sebagai pelakunya. Karena tidak ada bukti legal kecuali desas-desus semata. Yang mungkin benar. Tapi juga mungkin salah. Setengah benar. Setengah salah. Dan seterusnya.Namun fatsun itu diterabas Ganjar.Jurus serang lawan ini pasti saran tim Ganjar.Tapi nyatanya mereka gagal menemukan formula untuk meningkatkan elektabilitas pasangan nomor 3 di aneka survey yang terus turun.Padahal, gagal totalnya kubu no 3 adalah tidak ada tagline yang menarik hati.Nomor 1 : Anti-Jokowi. Nomor 2 : Pro-Jokowi. Nomor 3 apa? Gak jelas..Akibatnya, Ganjar dalam aneka survey pasca debat capres kemarin malahan tidak jadi fokus pembicaraan publik. 

SOSOK GENUINE

Justru yang jadi topik utama adalah the battle betweenAnies Baswedanand Prabowo. Publik menilai keduanya menampilkan sosok yang genuine. Yang asli menunjukkan karakter mereka.Ini jelas lampu merah buat tim strategi Ganjar Mahfud agar tidak terperangkap dalam jebakan jenius tim no 1 dan no. 2. Yang nampaknya sepakat untuk menyingkirkan no 3 dari gelanggang opini publik.

MENANTIKAN GIBRAN

Kini publik menantikan penampilan Gibran Rakabuming Raka di debat cawapres.Ekpektasi publik adalah Gibran bakal ngompol di celana, gelagapan dalam berargumen serta gagap dalam memberikan pernyataan. Intonasi Gibran nampaknya meniru cara bicara bapaknya akan mengingatkan publik bahwa dia cawapres katrolan dan ” anak haram konstitusi”.Jadi dia bakal dihabisi oleh dua singa podium yang punya jam terbang orasi sampai ribuan jam. Muhaimin dan Mahfud juga kenyang dengan adu argumentasi termasuk yang paling panas sekalipun.Kita lihat nanti apakah pakem tim no 2 bakal dipakai dalam debat cawapres nanti.Yang menggiring debat cawapres pada pertarungan argumen antara Cak Imin dan Gibran dengan mengetepikan pak Mahfud.Jika nomor 3 mengira membidas Gibran adalah ajian pamungkas seperti jurus Ganjar serang Prabowo, mohon maaf, pasangan nomor 3 bakal merasakan tidak enaknya memakan atau termakan lengkuas.Jadi apabila pola ini berulang, ini menunjukkan kubu Ganjar tidak strategis dan mengandalkan pada kekuataan buzzermereka — para eks pendukung die hard Jokowi — yang terus berisik di Twitter menghujat Jokowi.Padahal orang desa gak suka atau gak kenal Twitter. Waktu habis ngarit di sawah, mereka buka TikTok. Sama dengan mereka yang jadi buruh pabrik atau yang dagang cilok.Ceruk suara terbesar main TikTok sudare..Siapa yang paling gencar kampanye di TikTok?Nomor Dua..Jadi yang bakal menang siapa?Kemungkinan besar nomor dua.Hanya satu putaran. Bukan dua..Modyaar opo ora yen ngene pasangan nomor tiga?

*) Ditulis oleh wartawan senior Budi Setiawan

You may also like

Comments are closed.

More in Properti