Kembangkan Pasar Baru, Jakarta Weltevreden Gandeng LKBN ANTARA

INFRASTRUKTUR.CO.ID, JAKARTA: Area peninggalan kolonial masa Gubernur Jenderal W.H. Daendels di Kawasan Weltevreden – sekarang Jakarta Pusat, bukan semata-mata lokasi perdagangan.

Di tempat ini ada pula peninggalan Algemeen Nieuws-en Telegraaf- Agentschap atau Keagenan Umum Berita dan Telegraf disingkat ANETA yang berubah menjadi LKBN ANTARA. Tonggak sejarah penyebarluasan Proklamasi Kemerdekaan RI ke seluruh penjuru dunia.

Perum Lembaga Kantor Berita Nasional Antara (biasa disingkat menjadi LKBN Antara), atau lebih dikenal sebagai Antara (digayakan dengan huruf kapital semua), adalah sebuah badan usaha milik negara Indonesia yang berperan sebagai kantor berita.

Menurut Ketua Yayasan Jakarta Weltevreden Toto Irianto, Pasar Baru Weltevreden sekarang adalah kepingan legacy sosial dan kebendaan. “Di sana-sini berserak aneka ragam nilai budaya,” ujarnya Selasa, 6 Februari 2024.

RESTORASI

Sesuai dengan visi -misi Yayasan Jakarta Weltevreden, melalui revitalisasi kawasan multietnis, multikultur itu, menjadi pengokoh peradaban menuju Indonesia tangguh.

“Hari ini, Yayasan Kota Jakarta Weltevreden bersama LKBN ANTARA dan Asosiasi Pedagang Ritel Pasar Baru menandatangani Nota Kesepahaman kolaborasi berlanjut ke restorasi.”

Ada apa lagi ANTARA PASAR BARU WELTEVREDEN?

Tegas-tegas saja ada yaitu berupa mata rantai inspirasi nasionalisme yang kita dambakan, bersumber halusinasi dari balik ornamen megah Kompleks Istana Merdeka – Istana Negara.

Weltevreden merupakan kota baru yang menjadi pusat pemerintahan masa Gubernur Jenderal Daendels serta pusat kediaman warga Eropa. Kota ini terletak antara Lapangan Banteng dan Monas. Letaknya kini di sekitar Sawah Besar, Jakarta Pusat, yang membentang dari RSPAD Gatot Subroto hingga Museum Gajah.

 

What is your reaction?

0
Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly

You may also like

Comments are closed.

More in Bisnis